Selasa, 26 Juni 2012

Batu Bergambar Antek Ngabe Lada


BEBERAPA SITUS SEJARAH DAN KEPURBAKALAAN KABUPATEN MURUNG RAYA

Batu Bergambar Antek Ngabe Lada

Lokasi
Desa Saripoi Ibukota Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya, untuk menuju obyek ini dimulai dari Puruk Cahu ke Saripoi sejauh 15 km dengan melewati jalan darat.

Kondisi Obyek
Bagian atas batu terpahat merata selebar 20 cm, bagaian depannya ada relief dan gambar berbentuk persegi dengan ukuran tinggi 80 cm, panjang 150 cm dan tebal 50 cm. Pada permukaan batu bagian atas terpahat 4 baris relief huruf Arab, dan hanya sebagian saja yang jelas.
Diakhir keempat baris tercantum angka 1826, sedangkan pahatan dari kiri ke kana nada pohon beringin diliti seekor ular serta didahannya bertengger seekor burung. Dibawah pohon seekor orang utan, kuda dan rusa, sebuah Banama (perahu) berbentu naga, di dalam ada rumah yang bagian atas dihiasi kepala burung tingang dengan memuat harta kekayaan berupa guci, didepan perahu terdapat gambar lelaki Dayak, seekor babi, seekor anjing dan guci.
Dipermukaan batu terpahat seorang pria gagah berdiri diatas peti diantara kembang.
Dibelakang terlihat payung berumbai berhiaskan bunga-bunga, bulan sabit, wanita tanpa busana, seorang prajurit berpedang dan sepatu lars menyulut meriam beroda, diatas meriam terpahat seorang serdadu Belanda sambil menghisap cerutu.

Latar Belakang
Untuk wilayah Kalimantan Tengah inilah yang pertama kali ditemukan pahatan pada batu ini bernilai seni, mungkin menceritakan kejadian-kejadian berdasarkan pengalaman yang dialaminya pada saat itu.

Lain-lain
·         Tahun anggaran 1994/1995 dari dana APBD Penataan Lingkungan


Daftar Pustaka

  • ·         Anjae , Dra. Hj, dkk.2008.Benda Cagar Budaya dan Situs Daerah Kalimantan Tengah, Diskripsi.Palangka Raya: CV. Merah Delima



Tidak ada komentar:

Posting Komentar