Selasa, 26 Juni 2012

Rumah Tua, Koratun Manya Dan Tambak Tamanggung Tiong


BEBERAPA SITUS SEJARAH DAN KEPURBAKALAAN KABUPATEN MURUNG RAYA

Rumah Tua, Koratun Manya Dan Tambak Tamanggung Tiong

Lokasi
Situs Rumah Tua, Koratun Manya dan Tambak Tamanggung Tiong, satu lokasi berada di Desa Saripoi Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya.
Menuju lokasi melalui darat berjarak 15 km dari Puruk Cahu dengan waktu tempuh ± ½ jam karena jalan cukup bagus dan beraspal.

Kondisi Bangunan
Rumah Tua ini sangat memprihatinkan karena kurang terawat. Sebagian yang masih bisa ditempati terlihat dinding bambu, keunikan dari bangunan ini pada daun pintunya dibuat dari baner kayu ulin (akar) serta kosen pintu kanan-kiri dengan ukiran berupa mahluk bertampang mengerikan.
Tambak Tamanggung Tiong ditepi Sungai Bumban anak Sungai Barito, bangunan seperti sumur yang mempunyai penutup papan ulin setebal 5 cm.
Diseberang Koratun Manya yang menyeberangi Sungai Bumban dengan melewti jembatan gantung. Manya adalah perempuan terpandang atau terhormat dari Dayk Siang adalah istri Tamanggung Tiong.
Koratun/Makam, bertiang dua berbentuk perahu, penutupnya tidak dipaku supaya bisa setiap saat dibuka. Tinggi dari permukaan tanah 3 cm, sedangkan jarak tiang 5,70 m, panjang 11 m, penuh dengan ukiran motif sulur dan kait,. Didalam terdapat tulang 13 orang, tengkorak yang terbesar adalah milik Manya.

Latar Belakang
Ketiga obyek ini maupun keterkaitan satu sama lain masih diupayakan, baik pendiri Rumah Tua tersebut, Manya serta suaminya Tamanggung Tiong Pulau Gasan dan andil mereka dimasa lalu di wilayah Saripoi ini belum diketahui.


Daftar Pustaka

  • ·         Anjae , Dra. Hj, dkk.2008.Benda Cagar Budaya dan Situs Daerah Kalimantan Tengah, Diskripsi.Palangka Raya: CV. Merah Delima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar