Sabtu, 09 Juni 2012

Huma Bakas Manjul


BEBERAPA SITUS SEJARAH DAN KEPURBAKALAAN KABUPATEN KATINGAN

Huma Bakas Manjul

Lokasi
Huma Bakas Manjul terletak di desa Buntut Bali, yang sekaligus merupakan ibukota Kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan. Untuk kesana tidak sulit karena perjalanan tidaklah begitu sulit karena rutenya dari Palangka Raya menuju Kasongan dapat menggunakan kendaraan umum selama ± 1 jam, kemudian dengan menumpang speed boat selama 2 jam atau kelotok selama 4 jam memudiki Sungai Katingan baru tiba di lokasi.

Kondisi Bangunan
Huma Bakas Manjul merupakan bangunan di daerah Kecamatan Pulau Malan yang cukup unik, dimana konstruksi tangga, pasangan dinding, rangka atap, orientasi ke tepi sungai. Ketinggian tongkat dan lainnya merupakan perwujudan arsitektur suku Dayak. Semua bahan bangunan dari kayu, seperti rangka bawah, rangka badan, rangka atas dan dimana didominasi kayu ulin.
Menurut keterangan keluarga, banguan ini pernak dipugar secara swadaya berupa penggantian atap, dinding dan lantai tanpa mengubah bentuk aslinya.

Nilai Sejarah
Huma Bakas Manjul dibangun oleh pemiliknya yang bernama Manjul yang ditafsir sekitar lebih 1 abad yang silam. Material yang digunakan berupa tiang, tongkat dinding, sirap dan lain-lain dicari dan dikerjakan sendiri dengan peralatan sederhana di bantu anak-anaknya serta keluarga dekat lainnya secara bergotong royong.
Sewaktu mencari bahan bangunan tersebut mereka tinggal di pondok di tepi Sungai Manten bersama seluruh keluarganya. Kaum perempuan berpartisipasi menyiapkan makanan dan minuman. Bahan-bahan bangunan dikeluarkan melalui sungai kecil tersebut dan ditarik mudik ke lokasi dengan tali rotan secara putar giling.

Daftar Pustaka

  • ·         Anjae , Dra. Hj, dkk.2008.Benda Cagar Budaya dan Situs Daerah Kalimantan Tengah, Diskripsi.Palangka Raya: CV. Merah Delima



Tidak ada komentar:

Posting Komentar