Selasa, 26 Juni 2012

Kariring Pori


BEBERAPA SITUS SEJARAH DAN KEPURBAKALAAN KABUPATEN BARITO TIMUR

 
Kariring Pori
Lokasi dan Lingkungan
Desa Pori terletak di Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. Untuk menuju kesana melalui jalan darat dari Palangka Raya ke Tamiang Layang kemudian menuju Ampah dan dilanjutkan ke Desa Pori (Kabupaten Barito Timur).

Kondisi Bangunan
Keadaan cukup terpilihara, Kariring berfungsi sebagai makam terakhir (kedua) untuk tempat menyimpan tulang-tulang. Dalam Upacara Wara agama Kaharingan setempat. Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti orang yang dimakamkan tersebut.
Kariring mempunyai dua tiang, badannya (tempat tulang-tulang) yang dibentuk sedemikian rupa tingginya 2 meter dan panjangnya hampir 3 meter dengan penuh ukiran semua bahan dari kayu ulin. Pada tiang terdapat tulisan dalam huruf Arab Melayu yang terbaca Djunatu dengan angka tahun 1911, mungkin pemilik tulang yang ada didalamnya penutup Kariring cukup sederhana. Keadaan situs ini sangat memprihatinkan karena dimakan usia.

Nilai Sejarah
Dalam masa revolusi fisik di lokasi ini terjadi peristiwa heroik sekitar bulan September 1945 dimana terjadi kontak senjata dengan Belanda. Kapten Susilo gugur disini untuk menghargai jasanyaa dibuat nama jalan di Ampah. 



Daftar Pustaka

  • ·         Anjae , Dra. Hj, dkk.2008.Benda Cagar Budaya dan Situs Daerah Kalimantan Tengah, Diskripsi.Palangka Raya: CV. Merah Delima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar